Home > Budidaya Jabon, Kayu Jabon > Mebel Hasil Olahan Kayu Jabon

Mebel Hasil Olahan Kayu Jabon

Salam sejahtera dan kabar gembira bagi rekan-rekan rimbawan seantero penjuru tanah air pada khususnya, kami CV. Rizki Dunia selaku pengembang bibit tanaman jabon berusaha untuk menjawab apa yang selama ini menjadi pertanyaan rekan-rekan rimbawan semua tentang kegunaan dari kayu jabon itu sendiri. Setelah kami berhasil melakukan inovasi bibit jabon dengan sistem pengkerdilan bibit jabon. Dan kini Kami kembali menghadirkan inovasi hasil olahan dari kayu jabon itu sendiri yang kami olah menjadi mebel dengan ornamen ukir-ukiran dengan menggunakan kayu jabon sebagai bahan baku mebel tersebut dengan bantuan tangan orang-orang yang memiliki keahlian seni ukir yang hasilnya sangat menakjubkan.   Kami mencoba untuk membuktikan bahwa kayu jabon tidak hanya dapat dijual ke perusahaan-perusahaan besar dengan kapasitas jumlah kayu yang cukup besar pula tapi dapat di manfaatkan sebagai bahan baku mebel. Kami CV. Rizki Dunia selaku pengembang bibit tanaman jabon telah membuktikan dengan mengolah kayu jabon menjadi mebel yang sangat bagus dengan penampilan ukir-ukiran. Tidak semua kayu lunak sejenis/segolongan kayu jabon dapat digunakan sebagai mebel dengan ornamen ukir-ukiran seperti yang dapat

dilakukan pada kayu jabon itu sendiri semisal contoh kayu sengon, kayu sengon sekalipun mungkin dapat diukir kami yakin tidak akan pernah mendapatkan hasil seperti halnya kayu jabon bahkan mungkin tidak akan pernah bisa!. Kayu Jabon selain diukir juga dapat menerima pewarna kayu dengan sempurna tidak ubahnya kayu keras semisal jati dan mahoni. Itu semua kami coba kasih tahu dan kami perlihatkan lewat gambar-gambar di Blog kami ini. Secara penampilan hasil olahan dari kayu jabon yang kami jadikan mebel tidak kalah dengan hasil ukir-ukiran dari kayu keras lainya dan dari segi kekuatan kontruksi mebel juga tidak diragukan lagi. Dari gambar-gambar yang ada disitu kami menampilkan contoh yang telah kami olah dengan sempurna dan yang masih belum kami olah secara sempurna/tanpa pewarna kayu dengan alasan rekan-rekan juga tahu hasil mentah dari mebel yang kami olah. Kemarin tepatnya pada tanggal 30 juni 2011 kami bekerja sama dengan DINAS PERTANIAN DAN KEHUTANAN KAB. KENDAL mengikuti pameran yang diadakan setiap satu tahun sekali di kabupaten kami dengan menampilkan mebel hasil olahan kayu jabon.  Kami sangat bangga karena mendapatkan apresiasi yang sungguh luar biasa dari masyarakat kendal pada khususnya dan Bupati kendal Ibu dr. Hj.WIDYA KANDI SUSANTI, MM juga memberikan apresiasi serta dukungan pengembangan jabon dikabupaten kendal yang didampingi KEPALA DINAS PERTANIAN DAN KEHUTANAN KAB. KENDAL Ibu Ir. SRI PURWATI, M.SI dan KASI RKHL Bapak  CATUR SUPENO, S.HUT untuk mengembangkan jabon di kab. kendal pada khususnya karena telah mengetahui dan mengerti bahwa kayu jabon dapat diolah menjadi mebel yang sangat menarik dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi untuk masyarakat kendal pada khususnya.  Jadi untuk rekan-rekan rimbawan yang ada tidak perlu lagi khawatir akan penjualan dari hasil kayu jabon itu sendiri karena tidak harus dengan jumlah yang besar untuk  menjual kayu tersebut..

MASIHKAH ANDA RAGU UNTUK MENGEMBANGKAN JABON SETELAH KAMI DAPAT MEMBUKTIKANYA !!!

1. MEJA DARI KAYU JABON  DENGAN MENGGUNAKAN PEWARNA KAYU

 

 

 

 

 

 

2.  MEJA DARI KAYU JABON  DENGAN MENGGUNAKAN WARNA ASLI TANPA PEWARNA KAYU

Pameran Mebel Kayu Jabon di PSPP Kendal

Bpk. Catur Supeno, S. Hut selaku kasi rkhl Dinas Pertanian dan Kehutanan Kab. Kendal saat mencoba kenyamanan dankualitas kontruksi kursi dari kayu jabon

Foto bersama dengan Bpk. Catur Supeno, S. Hut yang sangat mendukung dan akan menyosialisasikan kepada masyarakat kendal tentang kayu jabon.

Ibu dr. Hj. Widya Kandi Susanti, MM selaku Bupati kendal yang sedang mencoba mengamati meja hasil olahan dari kayu jabon.
Ibu dr. Hj. Widya Kandi Susanti, MM sedang mendapatkan penjelasan kwalitas dari bibit jabon dari hasil proses pengkerdilan produk kami dari Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kab. kendal Ibu Ir. Sri Purwati, M.SI

Setelah melihat secara langsung hasil dari kayu jabon dapat digunakan sebagai mebel dan mempunyai nilai ekonomis tinggi Ibu Bupati kendal beserta Ibu Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kab. kendal sangat mendukung tanaman jabon dikembangkan dikabupaten kendal pada khususnya yang juga didukung oleh Kasi rkhl kabupaten kendal untuk mengembangkan jabon dikabupaten kendal pada khususnya. Karena dari hasil olahan kayu jabon tersebut mempunyai nilai ekonomis yang tinggi maka mereka yakin akan meningkatkan ekonomi warga masyarakat kendal pada khususnya. Dan selain meningkatkan ekonomi masyarakat itu semua juga membantu melancarkan kegiatan dari pemerintah dalam kegiatan penanaman sejuta pohon. Dan Ibu Bupatipun berencana pada bulan oktober nanti akan menanam jabon dilahan pribadinya yang juga ikut mensukseskan kegiatan penanaman sejuta pohon yang dilaksanakan oleh Pemerintah.

Hijaukan Bumi kita dan dapatkan keuntungan ganda dari investasi anda pada tanaman produktif.

 

, , ,

  1. Datuk Agus
    July 1st, 2011 at 17:48 | #1

    terobosan yg sangat menarik sekali mas!!hasilnya ternyata menarik sekali. tp apakah tahan lama ya mas kya jati??

  2. sisuto
    July 14th, 2011 at 08:40 | #2

    Mas Agus, mohon pencerahan, sbb:
    1. Kalau usia pohon sudah berumar 1 tahun, apakag masih membutuhkan pemupukan, kalau masih, apa jenis pupuk yang cocok dan bagaimana cara pemupukannya.
    2. Kalau jarak tanam sudah terlanjur 2×2, apa yang harus dilakukan agar kelak memperoleh hasil optimal.
    Demikian pertanyaan saya.
    Salam,

  3. sisuto
    July 14th, 2011 at 08:46 | #3

    O iya, saran kami, blog ini disediakan tautan ke facebook, jadi kalau ada yang ingin mengacu via fb bisa mudah dan blog ini lebih tersebar luas.
    Salam,

  4. hendy boedoro
    July 31st, 2011 at 11:39 | #4

    berapa harga bibit jabon kirim ke LP kedungpane?

  5. hendy boedoro
    July 31st, 2011 at 11:41 | #5

    kebetulan kami mau menghijaukan sekitar LP,apa bisa dengan harga 100 rupiah mas agus yang bagus dhewe se Terminal?

  6. widodo
    August 4th, 2011 at 20:20 | #6

    untuk daerah klaten bagaimana za perkembangan kayu jabon? dan bagaimana pemasaran nya?

  7. agus kentus
    August 6th, 2011 at 16:08 | #7

    oke pak hendy,segera kami kirim ke lp kedungpane secara gratis

  8. dono
    August 7th, 2011 at 10:00 | #8

    @datuk,ente koplak,lha jati kok dibandingin jabon,stupid question.kalau mau tahan lama pake baja.

  9. September 18th, 2011 at 10:31 | #9

    Prospek ke depan seperti apa ya untuk kayu jabon ini..???

  10. September 21st, 2011 at 11:06 | #10

    terobosan yg ckup menarik ..

  11. Syauqi Ahmada
    October 1st, 2011 at 16:40 | #11

    saya Syauqi mahasiswa kehutanan Institut Pertanian Bogor yang dibimbing langsung oleh dosen-dosen yang ahli dalam budidaya jabon, menjual benih jabon merah kualitas A dengan harga Rp5.000.000 / kg. benih jabon putih dengan kualitas A dengan harga Rp 3.000.000 / kg. saya juga menjual bibit jabon putih dan merah, benih dan bibit sengon berbagai jenis.

  12. October 18th, 2011 at 17:11 | #12

    bagus

  13. Tindih Rahadji
    October 23rd, 2011 at 19:17 | #13

    Terobosan bagus paling tidak daripada jati mahal he…he…hee semoga dapat menjadi penghambat maraknya ilegal loging karena kebutuhan kayu telah tercukupi sebagian dengan jabon yang cepat besar…?

  14. Tindih Rahadji
    October 23rd, 2011 at 19:29 | #14

    Ok Bapak….Dimana yang mau beli kayu jabon yang paling dekat dengan Wonogiri ya ?

  15. October 26th, 2011 at 16:27 | #15

    @Tindih Rahadji

    Sekarang ada yg gampang, tinggal invest saja Rp. 8 jt, dapat pohon sebanyak 50 pohon. Umur 5-6 tahun harga 1 batang = Rp. 1 jt. Total hasil panen Rp. 50 jt. itu harga saat ini, 5 tahun lagi lebih besar lg harganya.

    Dikelola oleh: PT. GLOBAL MEDIA NUSANTARA, kantor pusat di Bandung
    Hub. sy 081221454588 (Pandha)

  16. October 31st, 2011 at 20:29 | #16

    Kalo’ BiBit jabon di semai tabur,tumbuh nya pling cepet Brpa hari dan paling lambat Brapa hari Mas Agus ?

  17. November 1st, 2011 at 19:55 | #17

    Kalo’ BiBit jabon di semai tabur,tumbuh nya pling cepet Brpa hari dan paling lambat Brapa hari Mas Agus ?

  18. sugiharto
    November 23rd, 2011 at 13:01 | #18

    kemana saya harus menjual kelak klo udah besar didaerah saya tidak ada perusahaan triplek,

  19. December 11th, 2011 at 11:27 | #19

    sisuto :
    Mas Agus, mohon pencerahan, sbb:
    1. Kalau usia pohon sudah berumar 1 tahun, apakag masih membutuhkan pemupukan, kalau masih, apa jenis pupuk yang cocok dan bagaimana cara pemupukannya.
    2. Kalau jarak tanam sudah terlanjur 2×2, apa yang harus dilakukan agar kelak memperoleh hasil optimal.
    Demikian pertanyaan saya.
    Salam,

  20. dodol
    December 15th, 2011 at 13:50 | #20

    @Pandha

    NGGEDEBUS ELO??? 1 POHON SATU JUTA GUNDULMU PEYANG???? YANG BELI SIAPA????
    JANGAN NGAWUR BOSSS

  21. widi
    January 3rd, 2012 at 09:06 | #21

    wah hebat betul….terobosan luar biasa. tingal nanti kita lihat ketahanan lewat ujian waktu. lalu kalau boleh tahu, yang bisa dipakai mebel itu jabonmerah atau putih ya broo? tq berat mas agus

  22. widi
    January 3rd, 2012 at 09:11 | #22

    kalau gua seh percaya 1 pohon bisa berharga 1 juta…cause ditempat gua yang berumur 8 – 9 tahunan bisa laku 3 jutaan, and ada yang umur 11 tahun laku 8 jutaan dibeli perusahaan karoseri malang. sori maksudnya dibeli bakul kayu n terus dimasukin ke perusahaan karoseri di malang. yang gua omong ini pembelinya bakul-bakul lokal jombang aja.

  23. iqbal
    January 4th, 2012 at 18:25 | #23

    Kami menyediakan bibit jabon.
    Bagi yang berminat untuk membeli bibit jabon bisa menghubungi kami
    di no 0852 87726284

    Terima Kasih

  24. January 4th, 2012 at 22:53 | #24

    saya punya tanah hanya 6 hektaran DI BEKASI..kalau bisa kerja sama perawatannya n modalnya dari saya, hitungannya seperti apa mas…thx

  25. ricky
    March 12th, 2012 at 22:50 | #25

    mas saya baru mau buka lahan untuk jabon seluas 10 Ha didaerah sumatera selatan (musi rawas ),, gimana mas kultur tanah sumsel (musi rawas ) apakah bagus untuk tanaman jabon. (mohon informasinya mas)

  26. May 3rd, 2012 at 04:19 | #26

    @Syauqi Ahmada

    Pak Syaugi,

    saya ingin mengetahui alamat anda dan telephone yang bisa di hubungi.

    Thanks,
    joko.

  27. asrofi
    May 14th, 2012 at 10:25 | #27

    @pak joko,,,ini hp saya sedia benih jabon merah berkualitas
    081311661476

  28. AGUS
    June 12th, 2012 at 09:38 | #28

    saya sdg pesan bibit jabon 6000 btg ukuran 100cm. rencana tanam di P.Bangka. utk kultur tanah gembur berpasir,pupuk apa yg cocok? kami ada lahan rawa cenderung berair payau,posisi dkt laut rencana jg ditanam. bgmn dg jabon?? maturnuwun

  29. March 24th, 2013 at 16:09 | #29

    Saya sdh tnm 1100. phn, umur 19 bln, diameter bervariasi krna penyulaman 10 – 17cm, luas lahan 1ha, lokasi Kec. muara telang, kb banyuasin (sumsel) bagi yg berminat kayu jabon nantinya silakan hub no saya 085 267 376 728. tksih

  30. zies
    December 2nd, 2013 at 13:17 | #30

    Betapa sulitnya kita bicara jabon saat ini…sepanjang jalan salatiga – boyolali tadi pagi (2/12/13) saya tanya kepada para pengrajin kayu lapis dan pengepull kayu lokal, mereka bilang kualitas jabon masih dibawah sengon..n mereka engan mengolah jabon “kalau begini apa saya nga bingung, padahal saya sudah terlanjur nanam 6 hektare umur 2 tahun….)

  1. July 5th, 2011 at 00:44 | #1