Home > Bibit Jabon, Budidaya Jabon, Kayu Jabon > Jawaban atas Pertanyaan dari Jabon Merah

Jawaban atas Pertanyaan dari Jabon Merah

March 8th, 2011

Selama ini banyak orang bertanya tentang apa perbedaan antara jabon merah dan jabon putih,baik itu dari ciri spesifik tanaman bibit jabon maupun dari ciri spesifik tanaman jabon merah dan putih yang telah di tanam.
Ada beberapa ciri yang membedakan bibit jabon merah dan jabon putih. Banyak yang menyebut bahwa jabon merah memiliki bulu bulu halus seperti yang terdapat pada daun tanaman jati.belum lama kami sengaja mencari lokasi yang telah ditanam jabon merah , dan dari hasil survey kami dan kami menemukan jabon merah yang telah berusia kurang lebih sekitar 7 sampai 8 bulan.
Dalam survey itu kami mencoba untuk mengamati apa yang menjadi perbedaan antara jabon merah dan jabon putih yang selama ini menjadi pertanyaan baik dari pihak kami sendiri dan dari temen temen para investor pengembang tanaman bibit jabon.

  1. Daun pada jabon merah yang telah tua memiliki warna yang kemerah merahan dan warna itu cenderung mendominasi
  2. Batang pada tanaman jabon merah memiliki warna cenderung ke warna merah kehitaman
  3. Warna merah pada lembar daun cenderung menonjol pada saat daun sudah tua
  4. Daun tanaman jabon merah yang selama ini dijadikan ciri spesifiknya dengan mengatakan bahwa jabon merah memiliki bulu seperti daun jati itu tidak benar, karena pada saat kami melakukan orientasi lapangan kami tidak menemukan jabon merah yang memiliki bulu halus pada daunnya. Daun pada jabon merah cenderung lebih lebar dan memiliki warna merah yang sangat nyata pada daun yang masih muda dan pada daun yang sudah tua.

Pada saat kami melakukan orientasi  lapangan untuk mendapatkan keterangan sekaligus menilai perbedaan jabon merah dan jabon putih, kami sedikit banyak bertanya kepada bebrapa orang  yang menanam sekaligus merawat  jabon merah sehingga kami mendapatkan informasi tentang usia tanaman jabon merah tersebut. Mereka mengatakan bahwa jabon merah yang mereka rawat sudah berusia kurang lebih 7 bulan.
Dari keterangan yang kami dapat secara langsung itu berarti pertumbuhan antara jabon merah dan jabon putih tidak ada perbedaan.

jabon merah
Hamparan tanaman jabon merah usia 8 bulan.

jabon merah 1

Obrolan kami pada saat kami melakukan orientasi lapangan untuk mencari sumber data tentang jabon merah dengan perawat tanaman tersebut.

Jabon merah memiliki warna merah pada daun yang masih muda dan warna merah itu sangat nyata.

Selain pada daun yang masih muda warna merah kelihatan lebih nyata pada daun yang sudah tua.

Jabon Merah dengan usia kurang lebih 8 bulan

Jabon Merah juga memiliki ranting seperti halnya Jabon Putih

Jabon Merah usia kurang lebih 8 bulan

Pada Jabon Merah, daun akan kelihatan warna merah lebih nyata dan menyeluruh pada saat daun sudah tua, semakin tua daun jabon merah warna merahnya akan semakin nyata dan jelas.

Pertumbuhan Jabon Merah ternyata sama dengan Jabon Putih yang memiliki tingkat pertumbuhan yang sejajar

, , , , ,

Comments are closed.