Jabon

March 18th, 2010

Jabon sekarang menjadi sangat populer, banyak sekali yang membuat tumbuhan jabon populer, diantarnya dikarenakan pohon sengon mulai dihinggapi oleh beberapa penyakit seperti tumor karat.

Apa saja kelebihan jabon?

Banyak sekali kelebihan jabon dibanding dengan pohon kayu lain misalnya kita bandingkan dengan sengon, diantaranya

  1. daunnya tidak disukai ternak, sehingga tidak perlu khawatir terjadi pencurian daun
  2. daun jabon akan rontok sendiri, itu akan membuat kayu jabon lurus rata ke atas tidak ada benjolan
  3. selperti sebutkan di atas, tidak dihinggapi tumor karat
  4. kayu jabon juga lebih banyak manfaatnya dibanding kayu sengon, lebih banyak diserap oleh banyak industri diantaranya kayu lapis, industri meubel, Tripleks, pulp, Papan, produsen peti buah, Alas sepatu, mainan anak-anak dan korek api
  5. perawatan lebih mudah
  6. dapat bertumbuh di berbagai jenis tanah seperti; tanah liat, tanah lempung atau pun tanah berbatu
  7. pertumbuhan lebih cepat
  8. siap panen di umur 4 tahun ataupun 5 tahun

Kami menyediakan bibit jabon beberapa ukuran, silahkan hubungi kami 081326374376 (CP. Bpk Agus) atau (0294) 452301 boleh juga datang langsung ke kantor kami yang berlokasi di Jl. Pasar no. 14 Sukorejo – Kendal, Jawa Tengah CV. Rizki Dunia

Di bawah ni tulisan dari blog sebelah mengenai Jabon
Merupakan salah satu jenis kayu / pohon yang pertumbuhannya sangat cepat dan dapat tumbuh subur di hutan tropis dengan ekologi tumbuh pada :

Ketinggian : 10-2000m dpl
Curah hujan : 1250-3000m/th
Perkiraan suhu :100 C – 400 C
Kondisi tanah (PH) :4,5 – 7,5.

Jabon memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan tanaman kayu lainnya, termasuk albasia (sengon). Dari hasil uji coba yang telah kami lakukan, keunggulan tanaman jabon dapat diuraikan dari beberapa kriteria, diantaranya sebagai berikut :

· PERTUMBUHAN
Pertumbuhan pohon jabon sangat cepat bila dibandingkan dengan jenis kayu keras lainnya :

1. diameter batang dapat tumbuh berkisar 10cm/th
2. tinggi batang pada usia 12 tahun dapat mencapai 20 meter, sehingga pada usia 6-8 tahun sudah dapat dipanen.

· BATANG
1. Berbatang silinder dengan tingkat kelurusan yang sangat bagus
2. Tidak memerlukan pemangkasan karena pada masa pertumbuhan cabang akan rontok sendiri

· PENANAMAN dan PERAWATAN
Jabon merupakan tanaman yang mudah tumbuh dan berkembang dan tidak memerlukan perlakuan khusus dalam budidayanya.
· PEMASARAN
Karena jenisnya yang berwarna putih agak kekuningan tanpa terlihat seratnya, maka kayu jabon sangat dibutuhkan pada industri kayu lapis (plywood), bahan baku meubel dan furniture, serta bahan bangunan non kontruksi. 

Keunggulan inilah yang membuat pemasaran kayu jabon sama sekali tidak mengalami kesulitan, bahkan industri kayu lapis siap untuk membeli setiap saat dalam jumlah yang tidak terbatas.

· NILAI EKONOMIS

Budidaya tanaman jabon akan memberikan berbagai keuntungan yang sangat menggiurkan apabila dikerjakan secara serius dan benar. Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan pada tanaman jabon setelah dipanen pada usia 8-10 tahun (asumsi harga terendah, dan batang terkecil) pada setiap batang kayu jabon diperoleh :

– tinggi batang yang bisa terjual rata-rata 12m
– diameter batang rata-rata 30 cm

Maka dari tiap batang pohon jabon menghasilkan kayu yang bisa dijual sebanyak 1,5 kubik, sedangkan harga perkubik saat ini Rp 1.000.000,00
Sehingga harga terendah 1 batang pohon jabon usia 8-10 tahun minimal seharga Rp 1.500.000,00

· INFORMASI
Harga kayu jabon perkubik pada tahun 2009 :
1.middle 30-39 Rp 1.000.000
2.middle 40-49 Rp 1.100.000
3.middle 50 up Rp 1.200.000

Harga ini diprediksi akan mengalami kenaikan seiring dengan tingkat kebutuhan / permintaan yang semakin bertambah tiap tahunnya, sedangkan persediaan kayu jabon semakin lama semakin terbatas.

Dalam 1 Ha lahan, dapat ditanam sebanyak 500 batang bibit jabon dengan jarak 4×5 m.

, , , ,

  1. marudin
    December 14th, 2010 at 01:10 | #1

    bos kayu jabon bisa dipergunakan untuk apa?

  2. Bit Hartono
    December 15th, 2010 at 09:48 | #2

    Selamat Pagi…
    Mau tanya Boss.
    1 Kg Bibit Jabon bisa di tanam di lahan berapa hektar?
    Kalau di semai berapa lama bisa di tanam di lahan?
    Mohon di konfirmasi…

  3. Rahman Putra Palembang
    December 27th, 2010 at 23:02 | #3

    Jabon bisa gak Tumbuh pada Daerah Tanah Yg Kadar Airny Asam sprti Kabupaten Banyuasin Sumsel

  4. Rahman Putra Palembang
    January 2nd, 2011 at 14:53 | #4

    Jabon Bisa gak Tumbuh Pada kadar Tanah yg kadar Keasaman Tanah Tersebut Sedikit trdapat Asam,,,,contoh dwilayah Kab Banyuasin,,,,provinsi Sumatera selatan….Air nya agak Asam krn dekat dgn Laut…

  5. January 6th, 2011 at 15:26 | #5

    thanks dah sharing, pak :-)

  6. safrizal
    January 20th, 2011 at 14:02 | #6

    kalo ada informasi lain ttg jabon, mohon di kirim ke alamat email saya yach…
    mau tahu lebih banyak mengenai jabon…
    Thanks n good luck :)

  7. February 4th, 2011 at 17:45 | #7

    saya sangat tertarik untuk dapat mengembangkan tanaman Jabon, karena daerah kami khususnya di kalimantan Barat sangat potensial bagi pengembangan tanaman ini…mohon penjelasan bagaimana cara yang efektif untuk menanam tanaman ini, untuk lahan yang digunakan, ciri2 tanah yang ideal….thanks….

  8. BAMBANG
    February 11th, 2011 at 18:49 | #8

    5 tahun investasi?? saya rasa ga lama..,apalagi waktu sekarang nich,makin trasa cepet,,yang belum punya modal buat usaha,,bisnis di JABON bagus,,hasilnya bisa buat ngembangin usaha lainya,,,5 tahun yang lalu sya rasain baru kmaren,tapi saya blum sukses2 jga,mudah2an jabon bisa jadi starter kesuksesan utk qta yng mau maju n brubah,,!!!!

  9. Maitri garden
    February 13th, 2011 at 08:32 | #9

    Pak Agus kami sudah sampai dijakarta terimakasih atas pelayanan terhadap rombongan kami sewaktu berkunjung ke sukarejo.bib it jabon yg kami pesan dapat.dikirim minggu depan mulai 15/2.

  10. taufik
    March 6th, 2011 at 08:29 | #10

    dimana beli benih (indreng)/ bijinya ? berapa harga perkilogramnya ?

  11. sd liansyah
    March 8th, 2011 at 09:43 | #11

    bos,, apa tdk mslh bila ditebang.

  12. amirudin
    March 12th, 2011 at 12:36 | #12

    sy tertarik. Saat ini sya mulai nanam jabon skitar 3000 batang di Kec Garung Kab Wonosobo. Tp petani disini bilang katanya jabon tidak laku shg banyak yang enggan menanam.
    utk pemasaran di skitar Wonosobo kira2 dimana?

  13. March 14th, 2011 at 14:24 | #13

    Saya tertari untuk menanam pohon jabon tersebut saya juga nanam albasia sudah berumur 4 th ini saya juga baru coba2 diameter 30 cm tingi 12 m ya cuma 12 opohon aku penya sawah sebetulnya mau saya tanam albasia tapi kalo ada bibit dan bisa dijangko, kalo di jogja dimana atau bisa pesan dan bisa dikirim terimakasih.

  14. rizkidunia
    March 14th, 2011 at 22:00 | #14

    Untuk diwilayah jogja saat ini kami belum mempunyai cabang. jadi bila anda berminat bibit akan kami kirim dari sini. Untuk lebih jelasnya silahkan hubungi kami di nomor telpon yang sudah tertera di atas.

  15. rizkidunia
    March 14th, 2011 at 22:09 | #15

    Untuk penjualan di wilayah wonosobo anda tidak usah pusing, karena PT Serayu Makmur pasti akan menerima dengan jumlah berapapun kayu jabon yang anda miliki . alamat dari PT tersebut ada diwilayah banjar negara.

  16. rizkidunia
    March 14th, 2011 at 22:22 | #16

    tidak ada masalah karena jabon adalah tanaman hutan rakyat

  17. amirudin
    March 15th, 2011 at 17:05 | #17

    ok, makasih banget. bulan depan rencana mau nanam lagi skitar 5000 batang albasia dan jabon. yang sdh saya tanam kebanyakan jabonya dimakan ulat tp msh sy biarkan. Aapakah tanaman bs mati karena ulat?

  18. manguns
    March 30th, 2011 at 22:47 | #18

    Apakah tidak bisa dibikinkan artikel khusus ttg perhitungan untung rugi menanam jabon per ha? Mulai dari sewa lahan, penyiapan, harga bibit (beli+kirim), perawatan, pupuk dan obat, dst… sampai panen usia 4-5 tahun. Artikel diatas bicara ttg harga saat panen 8 tahun. Berapa harga jual rata2 kayu jabon usia 4-5th.
    Apakah usia 4-5 th merupakan panen penjarangan atau bisa full panen? Mana yg lebih menguntungkan panen usia 8 th atau 4 th dst.
    Terima kasih

  19. April 12th, 2011 at 11:11 | #19

    baru tahu ada pohon jabon … nice …

  20. aly
    April 13th, 2011 at 01:05 | #20

    gimana kalo diserang angin kencang Gan, gue mau nanam di pingir- pinggir jalan, ya buat gerakan sejuta pohon gitu …

  21. bambang
    April 17th, 2011 at 19:46 | #21

    Daerah saya berkapur dan ketersedian air kurang, apakah cocok jabon ditanam di daerah tersebut?

  22. jevrizal
    May 2nd, 2011 at 11:50 | #22

    klo d pekanbru d mn tempat pembibittan y,berapa perbatang y 1 bibit jabon d jual

  23. rizky jovanka
    May 9th, 2011 at 10:58 | #23

    Pupuk n pestisida apa yg dibutuhkan untuk si jabon..???? Pada usia berapa si jabon mulai diberikan pupuk….. ????? Peerlukah….???????

  24. Ir. H. Johan Wahyudi,MM
    May 18th, 2011 at 07:58 | #24

    Alhamdulilah saya udah nanam 10 ha mudah-mudahan pada saat panen tidak susah memasarkannya…

  25. May 28th, 2011 at 20:26 | #25

    PAK,POHON JABON BER USIA 12THN BISA CAPAI SEKITAR 20MTR. KALO KITA TANAM JARAK 3M X 3M USIA 12THN APA JUGA SAMA BISA CAPAI 20MTR ?

  26. tony yuvitali
    May 29th, 2011 at 23:48 | #26

    berapa harganya perbatang

  27. July 1st, 2011 at 17:29 | #27

    sedang mulai kut merintis bisnis kayu jabon juga nih gan ane…..kalo mo contact ane di 085241180550 sapa tau bisa saling share 😀 btw thanks infonya gan

  28. slamet
    July 10th, 2011 at 02:41 | #28

    sebagai informasi, untuk penjualan kayu jabon didaerah jawa barat dimana ya. karena petani di sini pada enggan menanam jabon karena belum tau pemasarannya.

  29. slamet
    July 10th, 2011 at 02:42 | #29

    Jika ada yang mau menerima jabon bis a menghubungi kami di 081510030647

  30. agues
    August 5th, 2011 at 15:22 | #30

    jika anda butuh bibit jabon hubungi kami di no 081341175847 khusus sulawesi tolitoli , palu, donggala dan sekitarnya

  31. Marko Sembiring
    August 9th, 2011 at 11:50 | #31

    Klo di sumatera Utara (Medan ) dimana bisa diambiul bibit si jabon dan berapa harganya

  32. Tino
    September 3rd, 2011 at 10:59 | #32

    Beli hasil panen jabon tidak…? saya punya jabon yang tumbuh liar di kebun, kalo mau beli contact saya di no. hp 081543454732. pohon jabonnya sktr 1.000 pohon, lokasi kami di Pasangkayu Kab. Mamuju Utara Prov. Sulawesi Barat…

  33. Ipin
    September 8th, 2011 at 14:01 | #33

    kalau pasar yang nampung nya ada ga di jawa barat?

  34. Fransiskus Minarto
    September 21st, 2011 at 21:58 | #34

    yang saya baca adalah keuntungan dan dan lahan yang tidak cocok dsb, yang perlu saya tanyakan nieh. Apakah setelah di Tebang, Pohon Jabon ini akan tumbuh lagi atau harus dicabut sama akar” nya sekalian, biar bisa ditanami lagi.
    pertanyaan ke 2: Kalaupun sudah ditebang dan pohon ini bisa tumbuh dengan sendrinya lagi, apakah diameter batang pohon jabon ini juga bisa sebesar pohon panenan yang pertama ya?
    Mohon dengan sangat pencerahannya, agar kami” yang nubie dan sama sekali awam dengan pohon jabon ini bisa mengerti seutuh nya. Terima kasih

  35. nurdin
    September 28th, 2011 at 09:11 | #35

    Bagi yg berminat untuk menanam pohon jabon di daerah Kuningan, Cirebon, Majalengka dan sekitarnya, kami dari Paguyuban hutan jabon Mandiri yang beralamat di Kuningan jabar ingin menawarkan bibit jabon dengan cara inden, kami memiliki persemaian sendiri dan saat ini sudah mengelola penanaman jabon kurang lebih 100 ha selain itu kami juga menawarkan tanah termasuk jasa manajemen penanaman, pemeliharaan sampai dengan panen harga tanah 35 jt / ha
    bagi yang berminat serius bisa hub.081324221138

  36. TASRON
    October 9th, 2011 at 22:51 | #36

    Ya… saya kira sengon masih bisa bertahan harga jualnya.di Probolinggo sampai saat ini kayu sengon masih primadona, harga tambah mahal karena bahan/tanamannya agak sedikit…. kayu terus ditebang karena harga yang manggiurkan. Harga jabonpun juga bagus. Jika memungkinkan mohon juga tanam sengon.. karena di daerah kami yang besar mulai habis dan yang membutuhkan mulai banyak,, slmt mencoba,smoga sukses

  37. hendra
    October 13th, 2011 at 09:33 | #37

    bibit jabon yang ada di lampung d mana ya bos

  38. jaboneer
    October 13th, 2011 at 12:55 | #38

    @Tino

    bro, gemana berhasil jual jabonnya ?

  39. salihin
    October 29th, 2011 at 23:58 | #39

    bagaimana cara memperoleh benih jabon, sengon dll. saya bertempat tinggal di Takengon,Aceh Tengah.terima kasih sebelumnya

  40. November 2nd, 2011 at 08:36 | #40

    Bagi temen2 yang pengen investasi pohon jabon, silahkan kantak kami di : 085 234 579 444 atau 0341 815 4343.
    kelebihan investasi ini :
    1. Memiliki sertifikat atas investasi kita.
    2. Pohon jabon kita diasuransikan (kalau terjadi force majeur)
    3. Kita bisa memantau pohon kita (sesuai petak yg kita miliki) dengan menggunakan eye grow camera by internet (portal).
    4. Kita dapat melakukan trading pohon jabon dengan portal yang telah disediakan, meskipun investasi kita belum sampai 5 tahun (dengan harga wajar yang telah disepakati antar investor)
    5. Dikerjakan oleh tenaga ahli dari IPB.

  41. turmudzi
    November 19th, 2011 at 05:13 | #41

    pak bos jabon itu sampai berapa bulan perawatannya seperti nyiram, semprot obat daun pupuk dan lain lain..?…………………….

  42. November 26th, 2011 at 12:19 | #42

    misi mas mau numpang iklan nih,

    Jabon = @Rp. 2,500, stok = 30,000 bibit (prangko jabar)
    Surian = @Rp. 1,200, stok = 25,000 bibit (prangko jabar)

    ket: harga tersebut sudah teramasuk ongkos kirim daerah jawa barat.

    tunastani.blogspot.com

  43. December 5th, 2011 at 22:16 | #43

    Dedi Ponky Euy
    Ada Informasi ni buat temen2 para komunitas Jabon
    Saya lg investasi jabon di PT.GMN disini saya tidak perlu punya lahan dan tidak perlu menanam /mengurus sendiri karena PT.GMN sudah memiliki team dari
    DEPHUT yang mengelola,saya juga diberikan sertifikat kepemilikan pohon jabon.

    Jaminan Keamanan:
    … 1. Legalitas Perusahaan, dalam hal ini PT. GMN yang didukung oleh PEMDA setempat dan PEMERINTAH PUSAT
    2. Sertifikat kepemilikan Pohon Jabon yang resmi
    3. Tanaman investasi yang diasuransikan dan didukung oleh tim pengaman lapangan yang dapat dikontrol sehingga resiko dapat diminimalisir
    PT. GMN menyediakan cadangan pohon sebanyak 20% dari total pohon yang ditanam yang akan dimanfaatkan sebagai cadangan apabila pohon member bermasalah.
    4. Setiap area tertentu akan dipasang kamera CCTV (sistem Eye-Grow), yang akan memantau pertumbuhan tanaman dari investor setiap 5 detiknya. Sehingga investor dapat memantau pertumbuhan tanamannya secara online, bahkan dapat diliat oleh seluruh dunia.
    5. Didukung lembaga konsultan quality Control yang berpengalaman di bidang investasi kehutanan sehingga target pertumbuhan investasi dapat tercapai.
    Informasi lebih lanjut bisa dilihat di http://dediponky.com/?page_id=555

    Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat teman-teman semua…

  44. nurdin
    December 25th, 2011 at 13:21 | #44

    Bagi yg berminat untuk investasi kebun jabon kami dari Paguyuban Jabon Mandiri Kuningan kembali menawarkan bagi yg berminat untuk membeli lahan di daerah Cirebon untuk penanaman musim hujan tahun 2012, dengan harga 4250/m2.
    untuk daerah Kuningan saat ini tanah yg kami tawarkan terdahulu telah habis dan saat ini dalam proses penanaman.
    Peminat serius 082128852884

  45. AGUNG AJMAIN
    January 1st, 2012 at 12:32 | #45

    saya mau tanam juga di luwu timur sulawesi selatan……………

  46. January 4th, 2012 at 23:12 | #46

    di cari tenaga yg mampu mengelola bisnis jabon..tanah n modal dari saya..kebetulan saya punya tanah hanya 6 hektar di bekasi..

Comment pages
  1. July 8th, 2011 at 17:38 | #1
  2. July 10th, 2011 at 13:50 | #2
  3. December 3rd, 2011 at 14:31 | #3
  4. December 4th, 2011 at 23:13 | #4
Comments are closed.

Jabon

kayu jabon