Jabon

March 18th, 2010

Jabon sekarang menjadi sangat populer, banyak sekali yang membuat tumbuhan jabon populer, diantarnya dikarenakan pohon sengon mulai dihinggapi oleh beberapa penyakit seperti tumor karat.

Apa saja kelebihan jabon?

Banyak sekali kelebihan jabon dibanding dengan pohon kayu lain misalnya kita bandingkan dengan sengon, diantaranya

  1. daunnya tidak disukai ternak, sehingga tidak perlu khawatir terjadi pencurian daun
  2. daun jabon akan rontok sendiri, itu akan membuat kayu jabon lurus rata ke atas tidak ada benjolan
  3. selperti sebutkan di atas, tidak dihinggapi tumor karat
  4. kayu jabon juga lebih banyak manfaatnya dibanding kayu sengon, lebih banyak diserap oleh banyak industri diantaranya kayu lapis, industri meubel, Tripleks, pulp, Papan, produsen peti buah, Alas sepatu, mainan anak-anak dan korek api
  5. perawatan lebih mudah
  6. dapat bertumbuh di berbagai jenis tanah seperti; tanah liat, tanah lempung atau pun tanah berbatu
  7. pertumbuhan lebih cepat
  8. siap panen di umur 4 tahun ataupun 5 tahun

Kami menyediakan bibit jabon beberapa ukuran, silahkan hubungi kami 081326374376 (CP. Bpk Agus) atau (0294) 452301 boleh juga datang langsung ke kantor kami yang berlokasi di Jl. Pasar no. 14 Sukorejo – Kendal, Jawa Tengah CV. Rizki Dunia

Di bawah ni tulisan dari blog sebelah mengenai Jabon
Merupakan salah satu jenis kayu / pohon yang pertumbuhannya sangat cepat dan dapat tumbuh subur di hutan tropis dengan ekologi tumbuh pada :

Ketinggian : 10-2000m dpl
Curah hujan : 1250-3000m/th
Perkiraan suhu :100 C – 400 C
Kondisi tanah (PH) :4,5 – 7,5.

Jabon memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan tanaman kayu lainnya, termasuk albasia (sengon). Dari hasil uji coba yang telah kami lakukan, keunggulan tanaman jabon dapat diuraikan dari beberapa kriteria, diantaranya sebagai berikut :

· PERTUMBUHAN
Pertumbuhan pohon jabon sangat cepat bila dibandingkan dengan jenis kayu keras lainnya :

1. diameter batang dapat tumbuh berkisar 10cm/th
2. tinggi batang pada usia 12 tahun dapat mencapai 20 meter, sehingga pada usia 6-8 tahun sudah dapat dipanen.

· BATANG
1. Berbatang silinder dengan tingkat kelurusan yang sangat bagus
2. Tidak memerlukan pemangkasan karena pada masa pertumbuhan cabang akan rontok sendiri

· PENANAMAN dan PERAWATAN
Jabon merupakan tanaman yang mudah tumbuh dan berkembang dan tidak memerlukan perlakuan khusus dalam budidayanya.
· PEMASARAN
Karena jenisnya yang berwarna putih agak kekuningan tanpa terlihat seratnya, maka kayu jabon sangat dibutuhkan pada industri kayu lapis (plywood), bahan baku meubel dan furniture, serta bahan bangunan non kontruksi. 

Keunggulan inilah yang membuat pemasaran kayu jabon sama sekali tidak mengalami kesulitan, bahkan industri kayu lapis siap untuk membeli setiap saat dalam jumlah yang tidak terbatas.

· NILAI EKONOMIS

Budidaya tanaman jabon akan memberikan berbagai keuntungan yang sangat menggiurkan apabila dikerjakan secara serius dan benar. Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan pada tanaman jabon setelah dipanen pada usia 8-10 tahun (asumsi harga terendah, dan batang terkecil) pada setiap batang kayu jabon diperoleh :

– tinggi batang yang bisa terjual rata-rata 12m
– diameter batang rata-rata 30 cm

Maka dari tiap batang pohon jabon menghasilkan kayu yang bisa dijual sebanyak 1,5 kubik, sedangkan harga perkubik saat ini Rp 1.000.000,00
Sehingga harga terendah 1 batang pohon jabon usia 8-10 tahun minimal seharga Rp 1.500.000,00

· INFORMASI
Harga kayu jabon perkubik pada tahun 2009 :
1.middle 30-39 Rp 1.000.000
2.middle 40-49 Rp 1.100.000
3.middle 50 up Rp 1.200.000

Harga ini diprediksi akan mengalami kenaikan seiring dengan tingkat kebutuhan / permintaan yang semakin bertambah tiap tahunnya, sedangkan persediaan kayu jabon semakin lama semakin terbatas.

Dalam 1 Ha lahan, dapat ditanam sebanyak 500 batang bibit jabon dengan jarak 4×5 m.

, , , ,

  1. Asrofi
    March 26th, 2010 at 09:06 | #1

    Lebih bagus mana? Sengon atau Jabon?

  2. Muhtadin
    March 26th, 2010 at 13:05 | #2

    bagus jabon boss… karena panen nya lebih cepet

  3. April 23rd, 2010 at 05:55 | #3

    kayak investasi ya.. nunggu 4-5 tahun trus panen

  4. April 25th, 2010 at 14:50 | #4

    salam
    terima kasih atas kedatangnya kelaman saja
    oh ya, saya mendapatkan pengetahuan baru dari sini, semoga sukses
    saya pelajari dulu, kalau memang saya berminat pasti saya hubungi kembali . terima kasih

  5. Teguh
    May 12th, 2010 at 17:51 | #5

    kalo di jawa dan sumatera pada demam jabon, sedangkan ditempatku (kaltim) banyak pohon jabon dan tumbuh liar. Kira2 gimana ya prospeknya kalo tanam jabon di kaltim (Bontang)?

  6. May 21st, 2010 at 02:49 | #6

    tengs for sharing.. makasih sudah berkunjung yaa :)

  7. May 21st, 2010 at 07:05 | #7

    nice info…thanks :-)

  8. May 21st, 2010 at 07:38 | #8

    oh jabon tuh ini toh,kirain apaan…

    abisnya mirip nama binatang sih hehehehe 😛

  9. Indra Gunawan
    May 21st, 2010 at 11:12 | #9

    Kalo penanaman dalam partai besar diatas 20 Ha… apa kami tidak akan mengalami kesulitan dalam pemasaran?… kami berada di Kabupaten Sumbawa Barat NTB… mohon kalo bisa infonya ke email kami athagunawan gmail com

    terima kasih.

  10. May 21st, 2010 at 20:39 | #10

    wah sepertinya menjanjikan sekali jabon ini… berapa ya harga bibitnya?

  11. May 22nd, 2010 at 09:27 | #11

    hehehe..baru tahu saya kalo yg digambar diatas adalah jabon… kirain jabon itu apa 😀

  12. May 22nd, 2010 at 09:28 | #12

    hehehe..baru tahu saya kalo yg digambar diatas adalah jabon… kirain jabon itu apa 😀

  13. May 23rd, 2010 at 04:13 | #13

    oh.. saya baru tahu ada pohon namanya jabon

  14. May 23rd, 2010 at 04:25 | #14

    pengen…tapi gak punya lahan….:D

  15. May 23rd, 2010 at 08:35 | #15

    hahayyy, jadi solusi alternatif 😀

  16. May 23rd, 2010 at 10:32 | #16

    Jadi informasi baru buat saya nih mas, makasih ya, semoga sukses!

  17. May 23rd, 2010 at 11:15 | #17

    menarik sekali ulasannya pak

  18. May 23rd, 2010 at 15:51 | #18

    kunjungan balik, makasih dah singgah di blogku. sukses ya dengan usahanya.. :)

  19. May 23rd, 2010 at 21:32 | #19

    Betul mas, blog selain asyik memang salah satu alternatif untuk berpromosi, seperti ini contohnya (LOL),
    sukses untuk bisnisnya …
    Thx udah kunjung ke blogku, sering-sering mampir loh … 😀

  20. May 24th, 2010 at 00:49 | #20

    cocok mas buat orang seperti saya,,, inves dalam pertanian.

  21. June 1st, 2010 at 20:21 | #21

    mampir balik di blog ini. Tumbuhan jabon baru saya dengar. Trima kasih buat infonya.

  22. June 2nd, 2010 at 11:23 | #22

    Salam Takzim
    Kunjungan balik nih bang, jadi tahu kelebihan Jabon, semoga suat saat nanti saya bisa melihat produk jabonnya bang
    Salam Takzim Batavusqu

  23. June 2nd, 2010 at 12:57 | #23

    Ijin copy artikelnya!

  24. June 5th, 2010 at 19:55 | #24

    met wiken

  25. June 6th, 2010 at 21:11 | #25

    muantep mas….saya seneng buanget baca ini….maturnuwun yo mas

  26. June 7th, 2010 at 10:15 | #26

    kalau sama Jati mas?

  27. June 7th, 2010 at 11:53 | #27

    @aura pelupa
    kalo kiranya manfaat monggo silahkan mas…

  28. June 7th, 2010 at 13:43 | #28

    baru kali ini dengar ada nama pohon jabon 😀

  29. June 8th, 2010 at 08:30 | #29

    baru tau dan baru lihat jabon…

  30. June 8th, 2010 at 09:45 | #30

    Wah, bisa jadi pengusaha kayu nich…

  31. June 8th, 2010 at 20:44 | #31

    saya baru tahu soal jabon dari artikel ini, umur tumbuhnya sampai bisa ditebang apa sama dengan pohon albasia mas

  32. June 9th, 2010 at 05:57 | #32

    Wah,info menarik nih.

  33. lovepassword
    June 12th, 2010 at 20:10 | #33

    Wah menarik nih infonya… Sama jati emas menguntungkan mana dari sisi lahan …. ?

  34. ducati monster
    June 26th, 2010 at 09:44 | #34

    UNTUK BIBIT YANG DGN PENGERDILAN APA SUDAH TERBUKTI LEBIH BAGUS DARI YANG TANPA PROSES TSB MAS AGUS..?THANK’s FOR REPLY..

  35. June 26th, 2010 at 11:30 | #35

    investasi yang memerlukan waktu panjang nih
    terima kasih :)

  36. herry
    July 1st, 2010 at 16:15 | #36

    saya tertarik tapi ada cara yang cepat panen sebab waktunya kalau sampai 5 tahun lama sekali untuk sebuah investasi

  37. July 6th, 2010 at 10:55 | #37

    artikel yang menarik sekali, dan menambah ilmu saya. semoga sukses dan saya tunggu kunjungan anda di blog saya. thx salam sukses

  38. July 23rd, 2010 at 01:33 | #38

    Spt jati yah tapi jabon lebih mudah ditanam dan cepat panenya.
    salam kenal

  39. joko subroto
    July 31st, 2010 at 12:24 | #39

    harga bibit yg tingginya 40 cm berapa ya sebab sudah banyak yg nanya untuk proyek turus jalan, hubungi aku (0271)9241964, karena aku juga jual pupuk organik cair TOP G2 Produk HWI sebagai pupuk pendamping

  40. yudha sadewa
    August 5th, 2010 at 19:53 | #40

    dimana saya bisa daptkan benih biji jabon

  41. hartono
    August 7th, 2010 at 17:43 | #41

    kami ingin menawarkan lahan seluas 100Ha di daerah Palembang sumatera selatan yang sangat bagus untuk penanaman jabon, dengan ph 6,2 dan berjarak 40 menit dari bandara Palembang, lokasi tanah dekat dengan jalan raya sumatera-jawa, kurang lebih 100mtr dr jalan raya, dengan harga 17 juta/Ha bisa nego….
    bapak berminat hub. Hartono 081958041828

  42. August 21st, 2010 at 20:04 | #42

    di bali bs beli bibit jabon dimana pak

  43. rizkidunia
    September 17th, 2010 at 20:21 | #43

    untuk daerah bali bibit jabon tetap kami kirim dari tempat kami

  44. rizkidunia
    September 17th, 2010 at 20:26 | #44

    bibit jabon tetap kami kirim dari tempat kami. karena kami tidak membuka cabang dimanapun. harga bibit jabon untuk yang siap tanam Rp. 1750 tinggi bibit dari ketinggian 40cm up. untuk pembelian minimal 10.000 batang kita kirim sampai lokasi untuk pengiriman seputar pulau jawa. untuk pengiriman keluar jawa kita kasih potongan 1 juta Rupiah untuk pembelian 10.000 batang.

  45. rizkidunia
    September 17th, 2010 at 20:33 | #45

    bibit jabon tetap kami kirim dari tempat kami. karena kami tidak memiliki cabang dimanapun. harga bibit jabon untuk yang siap tanam Rp. 1750 tinggi bibit dari ketinggian 40cm up. untuk pembelian minimal 10.000 batang kita kirim sampai lokasi untuk pengiriman seputar pulau jawa. untuk pengiriman keluar jawa kita kasih potongan 1 juta Rupiah untuk pembelian 10.000 batang

  46. samaji
    October 11th, 2010 at 21:20 | #46

    jarak tanam yang ideal antara pohon satu dengan yang lainnya berapa meter persegi,makasih atas infonya,eh harga biji jabon buat bibit brapa harganya per kantongnya?

  47. jakop
    November 3rd, 2010 at 11:23 | #47

    kalo pesan bibit jabon buat dikirim ke palembang kena ongkos kirim gak ya

  48. endi
    December 1st, 2010 at 17:14 | #48

    Terimakasih Ulasannya, sy sngt tertarik, tolong diberi info lebih detail mis bgmana klw di daerah sumatera utara tapanuli? bagus ga yah, harga bibit berapa/ batang? tolong infonya sy serius nih, bgaimana bermitra dgn blogger ini, tks

Comment pages
1 2 3
  1. March 18th, 2010 at 23:17 | #1
  2. August 15th, 2010 at 00:10 | #2
Comments are closed.

Jabon

kayu jabon